Mahardika Najwa Ainun Nadya Shafwah

SURABAYA – Pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pada Selasa (20/6/2023) lalu, menjadi momen istimewa bagi Mahardika Najwa Ainun Nadya Shafwah. Pasalnya, perempuan yang akrab disapa Nana itu berhasil lolos sebagai mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair) meski baru genap berusia 16 tahun.

Selain itu, Nana juga merupakan satu dari lima maba termuda yang diterima Unair jalur SNBT. “Sudah pasti bahagia dan sangat bersyukur bisa jadi salah satu mahasiswa Unair,” ungkap Nana.

Semasa sekolah, Nana telah dua kali mengikuti program akselerasi, yaitu pada jenjang SMP dan SMA. Ia mengaku hanya membutuhkan waktu dua tahun untuk menamatkan masing-masing jenjang tersebut.

“Saya ikut akselerasi dua tahun di MTs dan MAS Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Jadi untuk MTs saya tempuh selama dua tahun dan Alhamdulillah bisa melanjutkan ke jenjang MA dua tahun juga,” tambahnya.

Nana kemudian menceritakan perjuangannya mengikuti seleksi program akselerasi. Proses seleksi tersebut, lanjutnya, berlangsung selama enam bulan yang mana ia harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu.

Kendati Nana menempuh masa studi lebih singkat, namun ia masih aktif mengikuti berbagai perlombaan. Nana pernah meraih juara I Kompetisi Sains Nasional Saintech 2023 bidang biologi, juara III Olimpiade Pelajar Seluruh Indonesia 2023 bidang kimia, serta juara III Olimpiade Kedokteran Indonesia 2022 bidang biologi.

Sebelumnya, maba asal Pamekasan MADURA itu sempat gagal dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Meski kecewa, namun Nana tidak pantang menyerah. Ia pun mencoba jalur tes dan belajar lebih giat dengan rutin mengikuti bimbingan di pondok.

“Intinya harus terus belajar tiap hari, sering latihan soal, dan jangan lelah berdoa. Sebab doa tanpa usaha itu bohong, usaha tanpa doa itu sombong,” tegasnya.

Usaha gadis kelahiran tahun 2007 itu akhirnya berbuah manis. Ia mampu mewujudkan impiannya menempuh studi di bidang kesehatan. Pencapaian tersebut juga berkat dukungan dan doa dari orang tua Nana.

Nana berharap dapat menjadi mahasiswa yang aktif selama perkuliahan. “Harapannya menjadi mahasiswa cumlaude dan kalau bisa lulus sebelum empat tahun,” pungkas gadis yang diterima di D4 Fisioterapi Unair itu.

 

Reporter: Tim PKIP

Editor: Bustomi

Foto: Dokumen Pribadi

By Bustomi Menggugat

Bustomi Menggugat adalah peneliti lepas dan analis politik. Keseharian beliau selain riset dengan berbagai lembaga, mengisi program TV dan radio juga kerap diundang mengisi topik kepemudaan dan mahasiswa. Bustomi Menggugat juga merupakan tim muda Kuliah Tjokroaminoto Untuk Kebangsaan dan Demokrasi Unair. Di luar aktivitas hariannya, beliau menyukai dunia travelling, tulis menulis dan blogging sehingga kerap diminta mengisi dengan topik terkait oleh berbagai lembaga dan komunitas. Untuk mengundang beliau bisa kontak berikut ini: Email: [email protected] Kontak: 0812-5266-3905 (Whatsapp Only)

Leave a Reply