Fatikha Rizky Kurnia berfoto bersama teman-temannya dengan latar belakang Universitas Hanyang Korea Selatan.

SURABAYA – Fatikha Rizky Kurnia atau akrab dipanggil Nia merupakan mahasiswi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga  yang lolos dalam program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) sehingga berkesempatan menempuh studi di Hanyang University. Bagaimana kisah perjuangan sehingga Nia -sapaan akrabnya- bisa mengenyam studi di salah satu Universitas terkemuka di Korea Selatan tersebut?

Pada media ini, Senin (18/9/2023), Nia mengatakan bahwa mengikuti program exchange ke luar negeri adalah salah satu impiannya sejak lama. Dengan tujuan agar dapat menjalin pertemanan dengan warga negara lain dan karena menyukai K-Pop menjadi dorongan kuat untuk dapat mewujudkan impiannya tersebut. Saat diterima di Universitas Airlangga dan terdapat Program IISMA, Nia menilai hal tersebut merupakan kesempatan emas yang tak dapat ditunda lagi.

Nia bahkan sempat mencoba mendaftar program pertukaran mahasiswa dari beberapa penyelenggara di tahun 2022. Namun usahanya saat itu belum berhasil. Tidak menyerah, di tahun 2023 Nia mulai menekuni kemampuan bahasa Inggris serta mencoba beberapa kegiatan internasional di kampus. Nia mengungkapkan bahwa ia sempat mengikuti Volunteer International Office FEB UNAIR dan pengalaman tersebut menjadi langkah-langkahnya dalam meraih program IISMA di tahun 2023.

“Udah mau ikut IISMA dari tahun 2021. Desember nyoba apply lewat AGE UNAIR ada program ke Jeonbuk International University ke Korea, tapi ketolak. Terus akhirnya nyoba join volunteer international office-nya FEB dan hal tersebut jadi langkah-langkah yang ngedeketin aku sama jalan ke IISMA tahun ini,” paparnya.

Dalam program pertukaran ini, Nia mengambil jurusan Business Administration. Jurusan itu masih ada relevansi dengan fokus bidang yang ia pelajari di Universitas Airlangga. Nia menambahkan, pemilihan jurusan Business Administration juga didasari oleh pengalamannya dalam mengikuti program studi independen di semester 5.

“Walaupun dari program IISMA sendiri kita diperbolehkan ngambil jurusan yang ga berhubungan sama jurusan asal kita, tapi aku memilih yang masih berhubungan dengan jurusanku di Unair. Aku juga punya pengalaman mengikuti business course di studi independen pas semester 5,” kisahnya.

Selama studi di Hanyang University, kelas yang Nia ikuti memiliki sistem yang bebas dan lebih fleksibel. Dosen pengajar memiliki sifat yang friendly kepada para mahasiswa.

“Kalau kita telat atau mau ke kamar mandi, kita tidak perlu izin seperti halnya yang kita lakukan saat di Indonesia,” katanya berkisah.

Selama kurang dari satu bulan di Korea, Nia mengungkapkan belum ada culture shock yang ia alami. “Jujur, hawanya sama aja kayak di Surabaya. Tapi akhir-akhir ini hawanya lebih dingin karena mau masuk musim dingin,” ucapnya.

Nia menambahkan bahwa dalam mencari makanan, ia cukup harus berhati-hati karena tidak ada logo halal pada setiap makanan yang dijual. Melihat dan menanyakan komposisinya terlebih dahulu merupakan hal yang ia lakukan sebelum membeli makanan untuk mahasiswa muslim sepertinya.

“Sebenarnya ada aja makanan yang memiliki logo halal. Namun sedikit dan harganya cukup mahal,” ucap Nia.

Nia berpesan bagi calon pendaftar IISMA untuk dapat lebih prepared dalam mempersiapkan berkas. Salah satu syarat yang harus pendaftar IISMA penuhi yaitu membuat essay tentang alasan mendaftar pada program IISMA. Menunjukkan persona dalam essay yang dibuat menjadi tips dan trik yang Nia bagikan untuk dapat membuatnya lebih berbobot untuk dibaca.

You just have to believe. Percaya dan cari tahu gimana caranya biar kita pada akhirnya bisa dapetin apa yang kita mau,” ujarnya mengakhiri keterangan.

 

Reporter: Tim PKIP

Editor: Bustomi

Foto: Dokumentasi Pribadi

By Bustomi Menggugat

Bustomi Menggugat adalah peneliti lepas dan analis politik. Keseharian beliau selain riset dengan berbagai lembaga, mengisi program TV dan radio juga kerap diundang mengisi topik kepemudaan dan mahasiswa. Bustomi Menggugat juga merupakan tim muda Kuliah Tjokroaminoto Untuk Kebangsaan dan Demokrasi Unair. Di luar aktivitas hariannya, beliau menyukai dunia travelling, tulis menulis dan blogging sehingga kerap diminta mengisi dengan topik terkait oleh berbagai lembaga dan komunitas. Untuk mengundang beliau bisa kontak berikut ini: Email: [email protected] Kontak: 0812-5266-3905 (Whatsapp Only)

Leave a Reply